Beranda Wisata Inilah Pemenang Kompetisi Fotografi Permata Kotaku

Inilah Pemenang Kompetisi Fotografi Permata Kotaku

Karya foto Arie Basuki dengan objek lautan pasir di Bukit Cinta Bromo meraih juara pertama kompetisi fotografi dengan tema Permata Kotaku. (DOK HUMAS KEMENPAREKRAF)

Jakarta, kilasbekasi.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Agoda mengumumkan pemenang kompetisi fotografi dengan tema ‘Permata Kotaku’ yang bertujuan mempromosikan keindahan destinasi pariwisata Indonesia melalui karya foto.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya menjelaskan kompetisi foto yang bertujuan memperkenalkan keindahan pariwisata nusantara di berbagai daerah Indonesia ini diikuti lebih dari 800 entri yang menampilkan destinasi wisata dari Sabang sampai Merauke.

“Kami sangat mengapresiasi program kompetisi foto ‘Permata Kotaku’ yang digagas oleh Agoda. Program ini dapat menggambarkan keindahan destinasi-destinasi wisata di Indonesia dalam sebuah frame, karena sebuah foto dapat menggambarkan ribuan kata dan deskripsi secara visual,” ujar Nia dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (24/9/2020).

Selain itu, kata Nia, program ini dapat menambah konten dan sarana promosi pariwisata Indonesia. “Sehingga dapat menginspirasi dan menjadikan Indonesia sebagai destinasi pilihan utama di Asia Pasifik,” katanya.

Pemenang pertama kompetisi fotografi ‘Permata Kotaku’ diraih oleh Arie Basuki, pemilik akun Instagram @arbasbarong. Kemudian runner-up pertama diraih oleh Hendri Suhandi dengan pemilik Instagram @ghaniandlia, dan runner-up dua diraih oleh Muchtamir dengan pemilik Instagram @muchtamir_.

Ketiga pemenang dipilih oleh juri dari Agoda dan fotografer ternama di Tanah Air, di antaranya Arbain Rambey dan Aryono Huboyo Djati. Prosesnya merupakan keputusan sulit, karena harus menyeleksi lebih dari 800 foto luar biasa yang diunggah ke Instagram, yang menunjukkan pemandangan tak biasa, budaya yang memesona, serta tempat-tempat menarik dari seluruh penjuru nusantara.

Aryono Huboyo berharap dengan adanya kompetisi fotografi ‘Permata Kotaku’ dapat memunculkan daya tarik wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata yang dipotret oleh para peserta lomba.

“Saya berharap melalui kompetisi ini, wisatawan akan tertarik untuk menjelajah destinasi di dalam negeri. Tentu dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Aryono.

Sementara Country Director Agoda Indonesia, Gede Gunawan, mengaku gembira atas antusiasme masyarakat dalam mengikuti kompetisi ‘Permata Kotaku’ yang digelar sebagai bagian dari kampanye Agoda Go Local.

“Agoda amat gembira melihat antusiasme dan konten luar biasa yang diikutsertakan warga dalam kompetisi ini, menangkap dengan baik keragaman dan magnet negara ini. Seiring dengan pariwisata yang mulai bangkit lagi, kami berharap hal ini bisa menginspirasi masyarakat untuk mulai bepergian ke tempat-tempat yang dekat dan menemukan lebih banyak lagi permata,” kata Gede Gunawan.

Pemenang kompetisi foto, Arie Basuki, mengaku tak menyangka terpilih sebagai pemenang. Sebab, pengambilan foto di Bromo kala itu, menurut dia, bukan momentum yang direncanakannya.

“Saya awalnya hanya ingin memotret suasana matahari terbit di Bukit Cinta Bromo. Namun, hasil fotonya kurang memuaskan, karena cuaca agak berkabut. Akhirnya pagi langsung turun ke lautan pasir, pas kebetulan ada warga Tengger lewat dengan kondisi cahaya mendukung,” ujar Arie.

Arie mengaku kerap memanfaatkan waktu liburannya untuk menjelajah destinasi lokal dan dia senang mengabadikan momen tersebut. “Saya suka menjelajah daerah-daerah di Indonesia karena kebudayaan dan alamnya yang eksotis,” ujarnya. (Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here